Mengenal Adobe Photoshop CS 2

Photoshop adalah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar standard, yang dilengkapi dengan web tool application, Adobe ImageReady yang disertakan untuk memenuhi kebutuhan usernya. Selain itu, Photoshop juga menyediakan alat kerja lain dilingkungannya dengan aplikasi yang lain yaitu Adobe Illustrator, Adobe inDesign, dll.
Untuk menjalankan Photoshop CS2, lakukan langkah-langkah berikut ini :
1.Klik tombol Start -> All Programs -> Adobe Photoshop CS2. Selain cara ini anda dapat menjalankan Photoshop melalui desktop dengan memilih icon Photoshop yang anda buat/ persiapkan sebelumnya.

2.Tunggu beberapa saat hingga tampil lembar kerja Photoshop CS2.

Lembar Kerja Photoshop CS2
Jika anda pendatang baru yang ingin belajar dan menekuni bidang grafis dan akan menggunakan Photoshop, maka sebaiknya anda lebih familiar dengan lembar kerja yang disuguhkan Adobe photoshop cs2.
Lembar kerja Photoshop dilengkapi dengan beberapa komponen sebagai berikut :
1. Title Bar
Restore : digunakan untuk mengembalikan ukuran jendela aplikasi ke bentuk semula (sebelum dirubah ukurannya).
Move : digunakan untuk memindah jendela aplikasi.
Size : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi.
Minimize : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi menjadi ukuran terkecil yang diletakkan dibaris taskbar.
Maximize : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi menjadi satu layar penuh.
Close : digunakan untuk menutup jendela aplikasi yang sedang aktif.
2. Menu Bar
Yaitu sederetan menu yang dipersiapkan untuk membantu dalam proses pembuatan/ pada saat melakukan editing pada gambar. Dari masing-masing menu pada menu bar diberikan nama yang berlainan untuk membedakan fungsi dan kegunaan secara spesifik pada menu tersebut.Untuk mengaktifkan menu salah satu menu tersebut dapat dilakukan dengan salah satu cara dibawah ini :
Klik pada menu yang akan anda aktifkan, selanjutnya klik pada sub menu yang ingin anda gunakan.
Gunakan tombol Alt+huruf yang digaris bawahi pada menu. Misalnya Alt+L untuk mengaktifkan menu Layer untuk selanjutnya gunakan anak panah kiri (←), kanan (→), atas (↑), dan bawah (↓) untuk memilih menu berikutnya.
3. Options Bar
Options bar adlah pilihan tombol yang ditampilkan untuk melengkapi pilihan pada toolbox, jika pada computer yang anda gunakan belum diaktifkan, lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan Option Bar : Klik menu Window => Option atau dengan tombol Alt+W,n maka pada bagian bawah menu bar akan tampil sebuah tombol options.
4. Toolbox
Saat pertama anda menjalankan Photoshop, toolbox akan diletakkan dibagian sebelah kiri layar. Toolbox adalah tombol yang digunakan untuk membuat dan melakukan editing gambar. Untuk memilih toolbox dengan cara melakukan klik pada tombol yang anda kehendaki, bagian yang dilengkapi dengan anak panah dibagian kanan bawah pada tombol, tanda tersebut menunjukkan tombol tersebut masih menyimpan tombol lain yang tersembunyi. Masing-masing tombol dalam toolbox mempunyai nama, untuk menampilkan nama toolbox yaitu dengan cara menempatkan pointer mouse di atas tombol tersebut, maka akan tampil tool tip yang menampilkan nama tombol dan perintah shortcut yang berguna untuk menggunakan tombol tersebut secara cepat.
4. Palettes
Palettes membantu anda untuk melakukan monitoring dan memperbaiki gambar. Dalam keadaan default palette akan ditempatkan secara bersamaan dalam satu groups.

One comment on “Mengenal Adobe Photoshop CS 2

  1. Ping-balik: Mengenal Adobe Photoshop CS 2 | daritirta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s