7 Cara Membacklink Tulisan Orang Lain

Beberapa bulan lalu saya menyajikan 5 keuntungan membacklink tulisan orang lain. Saya mencoba mengembangkan topik ini dengan menginformasikan 7 cara yang bisa Anda lakukan dalam membacklink tulisan orang lain. Ketujuh cara tersebut adalah:
1. Menambahkan poin-poin tulisan orang lain. Tujuannya adalah melengkapi poin-poin bahasan yang sudah ada. Misalnya, orang lain menulis 20 Cara Menemukan Ide Postingan. Bila Anda memiliki cara tambahan, Anda bisa membuat tulisan dengan judul 3 Cara Tambahan Menemukan Ide Postingan.
Poin-poin tambahan ini bisa saja tidak dituliskan dalam judul postingan, namun dinyatakan dalam isi postingan. Contohnya, tulisan saya 7 Cara Menyikapi Copy Paste Konten Blog. Tulisan ini berupa 3 cara tambahan yang melengkapi postingan Fikri dari Bloggingly.
2. Menuliskan pendapat yang berbeda. Tulisannya berupa sanggahan kepada tulisan orang lain. Perlu diingat, bahwa cara ini bersifat kontroversial karena mungkin saja penulis yang Anda sanggah akan bersikap reaktif. Dengan kata lain, Anda harus siap mental bila menempuh cara ini. Contoh tulisannya bisa Anda lihat di Kritik untuk Kontes SEO Stop Dreaming Start Action.
3. Membuat kompilasi tulisan yang bertopik sama. Anda tentunya sudah membaca beberapa tulisan orang lain yang topiknya sejenis. Anda bisa membuat postingan dengan mengompilasi tulisan tersebut. Salah satu contohnya bisa Anda lihat pada tulisan Satrya yaitu Tutorial CSS Dalam Bahasa Indonesia Part 1 dan Tutorial CSS Dalam Bahasa Indonesia Part 2.

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
4. Membuat postingan link. Postingan link adalah postingan yang me-link dengan anchor text ke tulisan asli dan berupa poin-poin penting atau rangkuman singkat dari tulisan tersebut. Selain itu, postingan link merekomendasikan pembaca untuk membaca tulisan asli selengkapnya. Contohnya bisa Anda lihat pada Kisah Sukses Pendiri Amazon.
5. Menampilkan bacaan selanjutnya di akhir postingan. Cara ini untuk melengkapi tulisan Anda dan memberikan informasi serupa (referensi) bagi pembaca Anda. Contohnya bisa Anda simak pada cara mendapatkan Google Sitelinks.
6. Melink sumber postingan. Cara ini dilakukan bila Anda mengambil postingan orang lain secara dominan. Umumnya link ditempatkan di akhir postingan dengan nama sumber postingan atau via.
7. Menyisipkan link dalam paragraf. Ini adalah cara umum yang dilakukan para blogger. Bentuknya bisa berupa anchor text atau bukan anchor text.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s